Serang – Sobat Veritrust… bagaimana kabar anda ? masih sehat kan ? dan masih punya jiwa wirausaha dikala pendemi Covid-19 ?

Salah satu wirausaha yang bisa dilakukan tanpa dilakukan dari nol adalah franchise. Franchise atau waralaba adalah hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut, dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Nah, sobat Veritrust, bisnis ini boleh dicoba dikala pendemi Covid-19 telah selesai. Berikut yang anda perlu memperhatikan kiat atau tips-tips agar bisnis anda sukses yang dilansir dari centrausaha.com yaitu:

#1 Teliti sebelum menginvestasikan modal anda

Sebaiknya anda tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pihak yang menjual slot franchise kepada anda, karena tentu saja ini bersifat subyektif.

Anda perlu menganalisis dan mengadakan riset kecil tentang produk tersebut. Riset bisa dilakukan dengan bertanya kepada khalayak ataupun dengan mengamati langsung pada pasar produk.

#2 Menghindari membeli karena murah

Ini bukan berarti waralaba yang murah artinya tidak berkualitas. Tetapi anda perlu sekali meneliti apakah waralaba ini memiliki sistem manajemen yang kuat, standar yang bagus, dan prospek yang besar.

Tentu saja anda ingin bisnis anda maju kan? Maka ini perlu dipertimbangkan. Jangan sampai anda hanya membeli waralaba karena murah tetapi kualitasnya yang jelek.

#3 Mengetahui tujuan anda

Saat memulai usaha, anda harus sudah tau tujuan anda mengapa anda membuka dan membeli bisnis waralaba ini? Apakah hanya sebagai pekerjaan sampingan, ataukah untuk

Pekerjaan utama, ataukah untuk mencoba-coba. Ini penting agar anda nantinya tidak kehilangan arah saat bisnis ini telah beroperasi.

#4 Sadar akan resiko berbisnis franchise atau waralaba

Setiap bisnis ada resikonya. Resiko setiap bisnis ada dua. Yakni resiko untung dan rugi. Maka anda harus mempertimbangkan matang-matang pula kerugian yang akan anda dapatkan apabila ada faktor-faktor yang kemungkinan datang.

Anda juga harus mengetahui berapa persen tingkat kegagalan para investor yang menginvestasikan modalnya pada waralaba tersebut.

Hal ini akan membantu anda menentukan apakah sebaiknya anda menerukan memilih waralaba tersebut ataukah berganti waralaba yang lain yang memiliki resiko yang lebih rendah bagi pemula.

#5 Lebih memilih waralaba yang tidak membutuhkan banyak karyawan

Apabila karyawan yang dibutuhkan untuk bisnis waralaba sangat banyak, anda akan mengeluarkan banyak uang untuk biaya operasional sedangkan keuntungan anda tetap. Ini akan merugikan anda bukan?

Itulah sedikit cara dan tips bagi anda yang ingin memulai bisnis khususnya sistem waralaba. Dalam berbisnis waralaba terdapat kekurangan dan kelebihan, yang tentu saja harus dipertimbangkan matang-matang.

Pada dasarnya waralaba cocok bagi pemula karena kecil resiko kegagalan dibanding dengan memilih membuka usaha sendiri dari nol. Yang harus dilakukan adalah sikap yang selalu kritis, optimis, pantang menyerah, dan mau selalu belajar. (FN)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *