Serang – Cara memulai usaha franchise atau bisnis waralaba bagi pemula sebaiknya dengan menganalisa beberapa keunggulan serta kelemahan yang ada dalam aktifitas ini sebelum anda terjun secara totalitas didalamnya. Hal ini dilakukan agar anda terhindar dari kesalahan dalam berbisnis.

Menemukan produk baru atau setidaknya inovasi dari suatu produk mungkin tidak terlalu sulit. Yang menjadi sulit adalah produk yang kita buat akankah diminati masyarakat? Apalagi apabila masyarakat kurang mengetahui tentang produk itu ditambah kultur masyarakat yang beda .

Bagi pebisnis pemula, memulai bisnis dari nol adalah hal yang sangat riskan dikarenakan jam terbang yang kurang pada bidang bisnis. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa hanya sepuluh persen produk yang baru bisa benar-benar bertahan dan makin berkembang.

Bagaimana memulai usaha franchise agar bisa berjalan dengan baik?

Bagi pebisnis pemula, usaha franchise atau waralaba memang menjadi pilihan yang tepat dengan resiko seminimal mugkin dibandingkan dengan memulai usaha dari nol.

Disisi lain, seorang pemula yang memulai terjun dalam dunia bisnis waralaba akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga sehinga kedepannya menjadi lebih siap apabila akan membuat bisnis dengan produk sendiri.

Keunggulan bisnis waralaba atau franchise

Sebelum mengetahui cara bisnis waralaba bagi pemula, anda harus mengetahui apa saja keunggulan bisnis yang lebih dikenal dengan sebutan franchise ini yang dilansir dari centrausaha.com.

  • Kita sebagai investor akan diberi pelatihan dasar tentang segala sesuatu pada bisnis yang kita modali. Misalnya kita berbisnis franchise pada bidang kuliner, maka kita akan diajari cara pembuatan, proses menghidangkan, dan tentu saja kita juga diajari strategi marketingnya.

Bagus sekali bukan? Kita akan belajar bagaimana nantinya menjalankan bisnis sekaligus membekali kita dasar-dasar berbisnis nantinya apabila kita ingin membuka usaha sendiri.

  • Segala sesuatu kebutuhan produk hingga peralatannya sudah disediakan oleh franchisor. Rata-rata franchisor sangat memiliki standar yang tinggi akan produknya, maka dari bahan pokok hingga peralatannya harus sama dan sesuai standar. Kabar baiknya, maka kita tidak perlu susah-susah untuk menyiapkan tersebut
  • Produk tersebut sudah populer. Produk waralaba biasanya sudah terkenal dikalangan masyarakat sehingga kita tidak perlu memperkenalkan produk tersebut dari nol.
  • Karena hal-hal yang disebutkan diatas, maka waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

Kelemahan bisnis waralaba atau franchise

Nah setelah mengetahui keunggulan dari bisnis waralaba, kita perlu juga mengetahui kelemahannya. Mengapa ini perlu? Agar lebih objektif dan sebagai bahan pertimbangan dalam memulai usaha ini.

  • Usaha yang anda jalani bukanlah milik anda sepenuhnya. Anda hanyalah seorang investor, dan hakikatnya usaha tersebut tetaplah milik franchisor atau pemilik merek tersebut.
  • Apabila suatu saat anda ingin memindahkan tangan usaha anda, anda tidak bisa melakukan itu sehingga otomatis anda akan mengalami kerugian apabila menutup usaha tersebut.
  • Anda harus mengikuti segala aturan dan standart yang dimiliki pihak franchisor
  • Pada hakikatnya saat anda berinvestasi kefranchise, anda menguntungkan pihak franchisor, karena dasarnya bisnis ini adalah bisnis kemitraan. (FN)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *