Bagi pelamar kerja, CV menjadi modal awal mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. CV merupakan kependekan dari curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Di dalam CV kamu diminta untuk menceritakan tentang kehidupanmu secara rinci namun ringkas. Misalnya mulai dari riwayat sekolah yang pernah kamu tempuh, hingga pekerjaan apa saja yang pernah kamu lakukan. Jangan ragu pula untuk mencantumkan daftar prestasi yang pernah kamu raih dan juga kegiatan kepanitiaan yang pernah kamu ikuti.

CV sering disamakan dengan resume, pada kenyataannya, keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Kalau CV merupakan daftar riwayat hidup yang pernah kamu alami, sementara resume adalah penjelasan singkat berbentuk paragraf yang berisikan keahlianmu dan pekerjaan atau project terakhir yang sedang kamu jalani saat ini.

Pentingnya CV yang Bagus

Seberapa penting sih CV yang bagus terhadap pekerjaan yang kamu lamar? Jawabannya, sangat penting. Bayangkan saja, untuk satu posisi pekerjaan di sebuah perusahaan yang akan kamu lamar, ada puluhan bahkan ratusan orang lain yang berminat untuk melamar ke posisi tersebut. Ratusan aplikasi lamaran dan CV sudah dipastikan masuk ke email perekrut untuk posisi itu.

Supaya lamaranmu tidak dianggap sama dengan yang lainnya, buat CV-mu sebagus mungkin sehingga dapat menarik perhatian perekrut. Kamu dapat memanfaatkan template CV kreatif yang penuh warna untuk menuliskan CV-mu dibandingkan hanya menuliskannya di atas kertas berwarna putih polos.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan supaya CV-mu bagus adalah jangan terlalu panjang dan bertele-tele. CV yang padat namun ringkas memiliki nilai plus tersendiri dibandingkan CV yang panjang. Pasalnya, perekrut akan lebih mudah membacanya dalam waktu singkat tanpa menghabiskan banyak waktu.

Korelasi CV dengan Mendapatkan Pekerjaan

CV yang baik bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Meski sebelumnya kamu sudah menyiapkan CV yang sama untuk melamar beberapa pekerjaan, tidak ada salahnya jika kamu mulai membuat CV berdasarkan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Misalnya, kamu akan melamar pekerjaan sebagai pekerja di industri kreatif. Buatlah CV yang unik dan out of the box yang menggambarkan bahwa kamu memang sosok yang kreatif. Selain tampilan secara visual, isi CV juga sebaiknya disesuaikan juga. Tulislah riwayat pekerjaan yang memang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan begini, hanya melalui CV, setidaknya kamu sudah dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu memang cocok mengisi posisi tersebut berdasarkan pekerjaan atau project yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat membantumu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan ya. Good luck!

Sumber gambar: Pexels.com/Lukas

Sumber artikel: https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/apa-itu-cv/full

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *