Serang – Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi pada saat ini melumpuhkan banyak sektor ekonomi dan sosial. semua aktivitas yang dijalankan masyarakat lumpuh, tak terkecuali sektor usaha.

Sektor usaha yang sebagian lumpuh membuat banyak perusahaan ada yang tidak membayar THR, potong gaji 50%, dirumahkan bahkan sampai di PHK karyawan.

Dari kejadian ini kita bisa mengambil hikmahnya, dengan cara mengambil sudut pandang yang berbeda mengenai peluang usaha. Walaupun kita harus bekerja di rumah, tapi demi bertahan hidup kita harus pintar-pintar dalam berwirausaha.

Berikut 5 Usaha yang menjanjikan di saat virus Covid-19

Membuka bisnis baru tidak perlu memikirkan banyak modal, yang terpenting peluang dibutuhkan masyarakat ada walaupun dalam skala yang kecil. Ingat !!! Resiko meminjam uang untuk modal usaha baru sangat riskan ketika tidak ada perhitungan yang matang dan siap menanggung resiko. Untuk itu, sebagai masyarakat yang bergerak di bidang wirausaha sebisa mungkin dengan dana seadanya saja. Yang terpenting usaha tersebut jalan.

1.     Online Shop

Sebelum virus covid-19 mewabah, bisnis online shop sudah menjadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Kamu jualan di rumah, transaksi lewat m-banking, lalu kirim barang-barang pakai jasa jemput barang ke rumah oleh kurir. Biar omset makin naik, kamu bisa jualan yang dibutuhkan masyarakat saat ini seperti hand sanitizer, masker, obat tradisional, atau alat kesehatan lainnya.

2.     Makanan Tahan Lama

Mengisolasi diri di rumah artinya tidak boleh keluar rumah kecuali keadaan mendesak saja, kalau udah lapar gimana? Situasi ini bisa jadi peluang usaha buat kamu, orang-orang banyak nyetok makanan dan minuman di rumahnya, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama dan harganya terjangkau. Kamu bisa jual mie instan yang berbeda dari mini market, makanan kalengan, madu, air mineral, rengginang, keripik pisang atau singkong, dan lain-lain.

3.     Rempah Tradisional

Hingga saat ini penyakit corona memang belum ada obatnya, tapi kamu bisa mencegahnya dengan meningkatkan sistem imun. Rempah tradisional seperti jamu, bisa meningkatkan sistem imun secara efektif. Kalau kamu menjualnya, pasti akan banyak orang yang minat terutama para orang tua yang dari dulu sudah percaya sama rempah-rempah. Kamu juga bisa meramunya menjadi minuman seperti bandrek, wedang jahe, susu jahe, jamu penambah imunitas dan lain-lain.

4.     Bisnis Emas

Beberapa media berita sudah mengkonfirmasi, bahwa harga emas di tengah wabah kini semakin melonjak. Apalagi menjelang bulan ramadhan, toko emas semakin laris di pasaran. Kalau kamu tidak bakat di bisnis makanan, kamu bisa mencoba bisnis emas berbasis online. Banyak e-commerce yang menyediakan fasilitas asuransi, biar emas jualan kamu lebih aman.

5. Jasa membuat hidroponik

Meskipun pasar selalu ramai dengan orang yang berbelanja sayuran, tidak ada salahnya mulai saat ini orang-orang mulai beralih memanfaatkan halaman rumahnya untuk menambah penghasilan atau sekedar menambah menu makanan di dapur. Hal ini, menjadi peluang bagi orang yang bisa membuat kerangka atau sistem tanaman hidroponik untuk mulai mempromosikan jasa-jasanya. Bukan hal yang tidak mungkin, virus Covid-19 ini membuat sebagian masyarakat khawatir akan kualitas sayuran yang ada di pasar.

Meskipun harus mengisolasi diri di rumah, tapi kreativitas harus terus lanjut. Mulailah membuka berbisnis dengan peluang-peluang di atas. (FN)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *